Sayuran & Buah Ajaib



Tak hanya sebagai bahan makanan, sayuran dan buah ini juga bisa menjadi obat yang mujarab bagi tubuh. Mengapa ajaib? Karena kandungan-kandungan zat yang dimiliki si sayuran dan buah ini dapat memberikan penyembuhan secara alami terhadap tubuh kita ini. Sungguh tak dibayangkan dan tak pernah kita menyadari akan hal itu sebelumnya bahwa sesuatu yang sering kita makan adalah sebuah obat ajaib yang ada di sekitar kita.

Mari saya kenal kan dengan si sayuran dan si buah yang ajaib itu. Yang bisa mencegah dan menyembuhkan segala penyakit yang terdapat di dalam tubuh kita ini. Dan tentunya hanya kebesaran Tuhan lah yang bisa memberikan kesembuhan atas segala penyakit yang kita derita dan kita sebagai hambaNya hanya bisa berusaha serta berikhtiar.

 
Kentang
Kandungan gizi kentang terletak di bagian bawah kulitnya maka jangan mengupasnya secara berlebihan. Khasiat seiris kentang mentah yang ditempelkan di kening dapat meringankan sakit kepala, menyembuhkan lingkaran-lingkaran di bawah mata dan bengkak pada kelopak mata.
Selada air
Sangat kaya akan sulphur, nitrogen, dan yodium, merupakan salah satu pencuci darah yang baik disamping itu juga merupakan tonic terhadap penyembuhan gangguan ginjal dan liver. 

Seledri
Sayuran ini merupakan penghasil sumber chloride, pottasium dan sodium. Minyak seledri memiliki fungsi khas terhadap sistem urat syaraf, penyembuhan encok dan rheumatic. 30 ml juice seledri yang dicampur dengan sesendok teh madu murni baik untuk menambah nafsu makan.

Wortel
Sayuran satu ini pastilah sudah banyak yang tahu akan khasiatnya, vitamin A yang tinggi pada wortel berguna bagi kesehatan mata. Tak hanya untuk membantu pandangan malam tetapi juga penyembuh ketegangan mata terhadap cahaya yang terang. Wortel juga memiliki fungsi untuk meningkatkan jumlah butir darah merah sehingga merupakan penolong terbaik terhadap liver. Dan bermanfaat juga bagi penyembuhan perut dan penyakit sembelit bila dijadikan sup wortel murni. Satu gelas juice wortel setiap di pagi hari, bagus untuk melindungi kita dari demam, flu dan bronchitis. Jangan terlalu banyak sebab bisa mengakibatkan keracunan karotene.

Selada
Selada memiliki kandungan mineral, termasuk yodium, posphor, zat besi, tembaga kobalt, seng, calcium, mangan dan pottasium sehingga selada mempunyai khasiat dalam menjaga keseimbangan tubuh kita. Warna hijau pada selada adalah yang paling baik. Bagi penderita insomnia, direkomendasikan agar mengkonsumsi selada ini yang dimasak secara perlahan-lahan selama 15 menit.

Kubis
Sayuran yang satu ini merupakan salah satu dari sekian sayur-mayur yang memiliki banyak khasiat yang luar biasa. Potonglah daun kubis yang paling hijau, kemudian letakkan diantara 2 potongan kain yang panas, dapat digunakan sebagai kompres. juga penyembuhan serangan liver, sakit usus, demam, pusing, rheumatic, penyakit kulit, terbakar dan luka.  Dalam kasus luka bakar atau digigit serangga, agar kubis dihaluskan lalu dibubuhkan pagi dan malam, dapat juga untuk menyembuhkan nyeri, jerawat, pecah kulit, bisul, infeksi dan bengkak ringan.

Bawang merah
Minyak yang terkandung dalam bawang merah adalah merupakan alat penyembuh yang mempunyai efek pembunuh kuman baik luar maupun dalam. Dan memiliki penormalisir terhadap sistem syaraf usus juga membantu pencernaan dan pembuangan empedu. Disamping itu bawang merah juga dapat menurunkan tekanan darah  dan merupakan obat dalam penyembuhan demam dan salesma.

Bawang putih
Ada dua khasiat yang terkandung dalam bawang putih. Yang pertama yaitu untuk membuka saluran darah dan yang kedua merupakan antibiotik yang kuat. Bawang putih yang dicampur dengan susu, dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan menyembuhkan sakit kepala. Bawang putih yang dicampurkan dengan mentega dan madu membantu penyembuhan gangguan ginjal dan kandung kemih.

Limau
Kandungan yang terkandung didalamnya dapat membantu regenerasi liver, memberikan keseimbangan tubuh akibat alkohol yang berbahaya. Dapat juga digunakan sebagai penyembuh infeksi sistem pernafasan. Limau juga merupakan astringen yang baik untuk digunakan sebagai obat kumur terhadap nyeri kerongkongan.

Apel
Apel kaya akan mineral dan vitamin dan juga asam amino. Bila dimakan pada waktu malam dapat memberikan rasa kantuk agar cepat tidur. Mengatasi masalah pencernaan dan membantu pembilasan ginjal. Asam dari sari apel berkhasiat untuk ketahanan tubuh. Beberapa dokter juga menyarankan, apel baik untuk mengimbangi kelebihan kolestrol dalam darah.

Sedikit pengetahuan tentang kandungan dalam sayuran dan buah dapat membantu kita agar lebih kolektif, untuk mengkonsumsinya sesuaikan dengan kondisi tubuh kita yang dirasakan.  Semoga berguna dan bermanfaat bagi anda. Terima kasih.

dari berbagai sumber

Comments

Popular Posts