Seklumit tentang Pastry

 PASTRY bagi sebagian orang, pastry masih merupakan sebuah momok! wah.. menyerah, dech atau kapok bikin itu'. Banyak komentar yang ada selalu terdengar bila bercerita tentang pastry. Salah, lho' tak semua pastry susah untuk dibuat. Memang sebagian jenis pastry seperti puff pastry, croissant atau danish diperlukan latihan. Tapi, jenis yang lain, mestinya bisa dikerjakan bahkan saat anda belum pernah sama sekali untuk membuatnya.
Tak banyak jenis bahan yang dibutuhkan untuk membuat pastry. Bahan utamanya hanyalah tepung terigu, telur, gula, air, garam dan margarin. Kesan istimewa dari pastry ini adalah selalu disajikan dengan isian. sedikit jenis yang menggunakan tanpa isi. Oleh sebab itu, banyak ragam isi yang dapat dipadu-padankan dengan si kulit pastry ini, maka tercipta ragam pastry yang bisa dibuat.

Para pakar membagi jenis pastry dalam pembagian yang cukup rumit. Dan ini secara singkat atau sederhana tentang pastry.

1. Shortcrust Pastry

Shortcrust Pastry adalah adonan yang dibuat dari campuran tepung terigu, telur (bisa atau tanpa), air, dan lemak (margarin atau mentega atau shortening). Pencampuran hanya dilakukan dengan mudah, diaduk saja jadilah. Dan terkadang ada beberapa resep yang lemaknya di kocok terlebih dulu. Dari adonan inilah tercipta atau terkenal dengan istilah pai. Pai dibedakan berdasarkan bentuknya. Pai yang dicetak dalam cetakan kecil namanya tarlet. Pai sendiri sebetulnya ditujukan berpenutup artinya kulit pai setelah diberi isi ditutup lagi dengan kulit pai. Sedangkan pai terbuka orang menyebutnya flan.

2.Choux Pastry

Jenis ini tidaklah asing di telinga anda yaitu sus. Sus juga dibedakan berdasarkan isi dan bentuk. Sus yang berbentuk panjang, kecil, dan ramping disebut eclaire. Sus yang disusun tinggi dengan karamel sebagai rekatannya disebut crocombique. Ada lagi, gateu saint honore yaitu paduan sus dengan pastry. Hummmb, yummy.
Isian sus juga banyak variasinya, antara lain:
  1. vla biasa, campuran susu, tepung maizena, gula, dan kuning telur.
  2. pastry cream, dibuat dari susu, gula, kuning telur, tepung. cara pembuatannya sedikit berbeda dengan vla yaitu dimana kuning telur, sebagian gula dan tepung dikocok jadi satu. campuran ini kemudian dimasukkan dalam rebusan susu dan sisa gula.
  3. diplomat cream, percampuran antara susu, kuning telur, gula, tepung maizena dan cream kental. cara pembuatannya semua bahan direbus kecuali cream kental sebab creamnya sendiri akan dikocok hingga lembut dan baru dicampurkan dalam rebusan tadi dan biasanya ditambahkan pula gelatin untuk menyestabilkan adonan.
  4. chantilly, terbuat dari campuran susu, dan cream yang dikocok. baik bahan maupun alat harus didinginkan terlebih dulu supaya campuran ini bisa mengeras.
  5. mousseline, kombinasi antara vla dan butter cream.

3. Puff Pastry
croissant

Terbuat dari campuran tepung terigu, telur, air dan lemak. lemak yang digunakan populer dengan sebutan korsvet atau pastry margarin (harga lebih mahal tetapi hasil tidak ngendal di lidah). Pada pembuatannya lemak tidak dicampurkan melainkan diletakkan ditengah adonan lalu digiling tipis. Setelah itu adonan dilipat dengan cara tertentu secara berulang-ulang sambil digiling sehingga menghasilkan lapisan dan kerenyahan.

4. Danish atau Croissant
danish

Keduanya merupakan kombinasi antara roti dan pastry. Jadi adonan diberi ragi oleh sebab itu hasil adonan tidak serenyah pastry, tetapi tidak seempuk roti. Untuk croissant biasanya menggunakan pastry margarin sedangkan danish menggunakan danish pastry margarin untuk lemaknya.

Demikian sedikit pengetahuan tentang apa itu pastry. Informasi yang sederhana buat anda sebelum membuat pastry lebih lanjut. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Comments

Popular Posts