Bumbu Pawon sebagai Herbal


Adas/Adas manis

Tanaman adas bisa berkhasiat untuk mengobati: Sakit perut (mulas), perut kembung, mual, muntah, ASI sedikit; Diare, sakit kuning (jaundice), kurang nafsu makan, batuk; Sesak napas (Asma), nyeri haid, haid tidak tertur, rematik goat; Susah tidur (insomnia), buah pelir turun (orchidoptosis), kolik; Usus turun ke lipat paha (hernia inguinalis), batu empedu; Pembengkakan saluran sperma (epididimis); Penimbunan cairan dalam kantung buah zakar (hiodrokel testis); Keracunan tumbuhan obat atau jamur, meningkatkan penglihatan.

Andaliman

Manfaat Buah Andaliman.. tanpa andaliman, masakan seperti sangsang atau arsik, rasanya hambar. Ada citarasa spesifik ketika ditumbuk dengan cabai, membuat bumbu masakan menimbulkan aroma dan taste (citarasa) yang mengundang selera makan. Rasa pedas dan aroma andaliman beda dengan pedasnya cabai, sungguh pas di lidah orang Batak yang suka masakan pedas menggigit.
Asam jawa

Manfaat asam jawa: Asma, Batuk, Demam, Sakit panas, Reumatik, Sakit perut, morbili; Alergi/biduren, Sariawan, Luka baru, Luka borok, Eksim, Bisul; Bengkak disengat lipan/lebah, Gigitan ular bisa, Rambut rontok.
Asam kandis

Asam kandis berguna untuk menambah rasa asam (agak pahit) pada masakan. Caranya adalah dengan memasukkan asam kandis bersama dengan / ke dalam kuah masakan. Bumbu ini berasal dari kuliat buah yang dikeringkan (secam jeruk limau). Kulit tersebut dikeringkan hingga berwarna kehitam-hitaman. Untuk mendapatkannya bisa dengan mencarinya di pasar-pasar tradisional.
Bangle

Senyawa kimia yang terkandung dalam umbi rimpang bengle terutama adalah gom, mineral, albuminoid, lemak, getah yang pahit, sineol, pinnen dan sesguiterpen-sesguiterpen.
manfaat untuk pengobatan:
1. Lemah Jantung: 1 rimpang umbi bengle, di parut kemudian di tambah dengan 1 gelas air masak dan diperas/disaring, diminum sekaligus, dan dilakukan secara teratur setiap sore hari.

2. Gangguan Syaraf: rimpang bengle sebesar 2 kali ibu jari, diparut kemudian ditambah dengan 1 gelas air masak dan diperas/disaring, diminum sekaligus, dan dilakukan secara teratur setiap pagi dan sore.

3. Reumatik: bengle, lempuyang dan cabai (1:1:1), ketiga bahan tersebut ditumbuk halus bersama-sama dan ditambah dengan sedikit air dan dipakai untuk bobok/bedak pada bagian tubuh yang reumatik setiap malam sebelum tidur.

Bawang bombay

Bawang Bombay memiliki manfaat untuk menekan kadar kolesterol dalam darah, meningkatkan jumlah HDL (kolesterol baik) hingga 30%, memperbaiki penyempitan pembuluh darah dan hipertensi, meredakan pilek, meredakan sakit perut, menurunkan kadar gula dalam darah, mencegah kanker, mencegah pemecahan insulin di hati, merangsang produksi insulin oleh pankreas, dan menekan serangan osteoporosis.
Bawang putih

Manfaat Bawang Putih menjadi salah satu sahabat setiap hari. Bawang Putih merupakan rempah-rempah atau bumbu dalam masakan selain itu bawang putih sangat berperan penting dalam dunia kesehatan, karena sedah sejak dulu manusia menggunakan bawang putih sebagai bahan pengobatan.
Bawang merah

manfaat bawang merah untuk kesehatan seperti menyembuhkan beberapa penyakit yang mereka derita. Diantara manfaat bawang merah tersebut adalah menyembuhkan sakit kepala, melancarkan buang air besar, mengobati batuk, rambut rontok, hingga menyembuhkan luka akibat gigitan ular.
Bunga lawang/pekak

Pekak berfungsi untuk membuat aroma masakan menjadi segar dan wangi, seperti pada kecap, pekak adalah salah satu bumbu untuk membuat kecap memiliki aroma yang khas. Bunga pekak memiliki rasa seperti Adas manis. Bunga lawang (pekak) dijadikan rempah untuk menjadi penyedap rasa untuk makanan. Bumbu ini baik untuk mengatasi gangguan pencernaan dan memiliki fungsi diuretik atau melancarkan saluran kencing. Selain itu digunakan juga untuk pengobatan tradisional di Asia, contohnya untuk sakit sendi.
Cengkih

Cengkeh adalah tanaman asli Indonesia yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan di negara-negara Eropa serta sebagai bahan utama rokok kretek khas Indonesia. Cengkeh juga mempunyai khasiat dan manfaat untuk Kesehatan. Khasiat Cengkeh Sebagai Obat  herbal Tradisional. Tanaman cengkeh dapat tumbuh dengan baik di daerah beriklim tropis. Minyak cengkeh banyak dimanfaatkan oleh dokter gigi sebagai penghilang rasa sakit. Selain itu, tanaman ini juga digunakan dalam industri farmasi, penyedap masakan, dan wewangian.
Daun bawang

Daun bawang kaya akan antioksidan flavonoid, mineral, dan berbagai vitamin yang bagus untuk kesehatan tubuh. Daun bawang rendah kalori, dan batangnya mengandung serat larut maupun serat tidak larut. Bagian hijau dari daun bawang mengandung asam folat yang bagus untuk ibu hamil. Ketika dipotong/dimemarkan, daun bawang akan menghasilkan allicin, yaitu zat yg dapat menurunkan kolesterol. Zat allicin tersebut juga berperan sebagai anti-bakteri, anti-virus, anti-jamur, serta dapat menurunkan tekanan darah tinggi.
Daun ketumbar

Daun dan batang juga kaya dalam berbagai anti-oksidan polifenol flavonoid seperti quercetin, kaempferol, rhamnetin dan epigenin. Herbal ini merupakan sumber mineral seperti kalium, kalsium, besi mangan,, dan magnesium. Potasium dalam sebuah komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Besi sangat penting untuk produksi sel darah merah. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai faktor co-untuk dismutase enzim antioksidan superoksida.
Jeruk nipis

jeruk nipis sangat dianjurkan untuk mual, diare, dan terutama bagi mereka yang membutuhkan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan jus segar jeruk nipis memiliki kemampuan untuk mencegah aterosklerosis, memiliki
manfaat pada pankreas, hati dan darah, memfasilitasi arus. jeruk nipis, ketika itu benar-benar segar, baru dipetik, serta remineralisasi dan anti-anemia adalah aktivator yang baik dari pertahanan tubuh dan desinfektan yang sangat baik.
Jeruk purut

Sifat dan KhasiatDaun jeruk purut berkhasiat stimulant dan penyegar. Kulit buah berkhasiat stimulan, berbau khas aromatik, rasanya agak asin, kelat dan lama kelamaan agak pahit.
kandungan Kimia daun mengandung tanin 1,8%, steroid triterpenoid dan minyak asiri 1-1,5% v/b. Kulit buah mengandung saponin, tanin 1%, steroid triterpenoid dan minyak asiri yang mengandung sitrat 2-2,5% v/b.
Jintan
Jintan hitam

  1. Menguatkan sistem kekebalan tubuh Jintan Hitam dapat meningkatkan jumlah sel-sel yang baik untuk meningkatkan sel-sel pembunuh alami. Evektifitasnya hingga 72% jika dibandingkan dengan Plasebo yang hanya 7%.
  2. Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi memiliki kandungan asam linoleat yang merupakan nutrisi bagi sel otak dan berguna untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan, serta dapat memperbaiki peredaran darah ke otak.
  3. Meningkatkan bioaktivitas hormon mengandung sterol yang berfungsi sintesa dan bioaktivitas hormone.
  4. Menetralkan racun dalam tubuh memiliki kandungan saponin, yang dapat menetralkan dan membersihkan racun di dalam tubuh. Racun dapat mengganggu metabolism dan menurunkan fungsi organ penting seperti hati, paru-paru dan otak. Gejala ringan seperti keracunan dapat berupa diare, pusing, gangguan pernafasan.
  5. Mengatasi stress Saponin yang terdapat dalamnya memiliki fungsi seperti kortikosteroid yang dapat mempengaruhi karbohidrat, protein dan lemak serta dapat mempengaruhi fungsi ginjal, jantung, syaraf serta otot tubuh. Saponin juga dapat mempertahankan diri dari perubahan lingkungan,dan dapat menghilangkan stress.
  6. Memperbaiki saluran pencernaan dan anti bakteri mengandung minyak atsiri dan volatile yang diketahuimanfaatnya untuk memperbaiki pencernaan. Secara tradisional, minyak atsiri digunakan untuk mengobati diare. Penelitian mengatakan bahwa minyak volatile lebih ampuh membunuh bakteri E Coli dan Colera disbanding antibiotic lainnya.
  7. Melancarkan air susu ibu Kombinasi bagian lemak tidak jenuh dan struktur hormonal yang ada pada jintan hitam dapat melancarkan air susu ibu.
  8. Anti tumor dapat merangsang sumsum tulang dan sel-sel kekebalan, inferonnya menghasilkan sel-sel normal terhadap virus yang merusak sekaligus menghancurkan sel-sel tumor dan meningkatkan antibody


Jintan putih
Kapulaga

Tanaman yang berasal dari Jawa ini juga dipakai sebagai campuran jamu dan penyedap minuman serta kue. Si kecil ini ternyata mampu mengobati impotensi. Kapulaga punya rasa yang kuat dan berbau aromatis. Ada dua jenis, kapulaga hijau dan cokelat. Selain digunakan untuk bumbu pada makanan, kapulaga juga dipakai sebagai bahan penyedap pembuatan soft drink dan es-krim. Kapulaga mengandung minyak atsiri, protein, gula, lemak dan lainnya. Kapulaga memiliki kemampuan mengobati batuk dan mencegah pengeroposan tulang.

Kecombrang

Bunganya yang berwarna merah sering dijadikan sebagai bumbu penyedap berbagai macam masakan Nusantara. bunga kecombrang juga memiliki manfaat lainnya. Bunganya dikenal mampu menghilangkan bau badan, memperbanyak air susu ibu dan pembersih darah. Ini karena zat aktif yang terkandung di dalamnya, yaitu saponin, flavonida, dan polifenol. Karena itu kecombrang masuk ke dalam nominasi deodoran alami. Selain itu kecombrang juga kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan. Bahkan kandungan antioksidan di daunnya jauh lebih tinggi dibandingkan di bunga dan rimpangnya. 

Jahe

Jahe mempunyai rasa yang khas dan tajam yaitu rasa pedas karena mengandung senyawa keton bernama zingeron dan sebagai penghangat tubuh. Jahe merupakan salah satu senjata yang efektif dalam pengobatan kanker indung telur. Sebuah studi yang dilakukan di University of Michigan Comprehensive Cancer Center, seperti yang dikutip situs healthdiaries menemukan, tepung jahe efektif membunuh sel-sel kanker yang terdapat pada indung telur.

Kencur

Kandungan kimia yang terdapat di dalam rimpang kencur adalah pati (4,14%), mineral (13,73%), dan minyak astiri (0,02%) berupa sineol, asam metal kanil dan penta dekaan, asam cinnamic, ethyl aster, asam sinamic, borneol, kamphene, paraeumarin, asam anisic, alkaloid, dan gom. Kencur memiliki banyak manfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti radang lambung, radang anak telinga, influenza pada bayi, masuk angin, sakit kepala, batuk, menghilangkan darah kotor, diare, memperlancar haid, mata pegal, keseleo, dan kelelahan.


Kunci

Ternyata senyawa pinostrobin dalam temu kunci mampu mencegah pertumbuhan sel kanker, dengan cara menghambat aktivitas enzim DNA topoisomerase I (enzim pertumbuhan pada sel kanker).


Lengkuas

Lengkuas mengandung anti-inflamasi dan karena itu bermanfaat dalam pengobatan arthritis dan rheumatoid arthritis (radang sendi). Membantu meringankan ketidaknyamanan yang disebabkan karena peradangan pada perut atau bisul. Untuk mencegah mabuk laut dan mual, Anda dapat mengunyah beberapa iris lengkuas segar. Metode ini dipercaya dapat secara efektif menghentikan rasa ingin muntah. Lengkuas mengandung sejumlah anti-oksidan yang membantu meminimalkan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan racun lainnya dalam tubuh. Untuk meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, Anda bisa memasukkan lengkuas dalam menu diet harian. Sirkulasi darah yang lancar pada akhirnya berkontribusi dalam menjaga jantung tetap sehat. Jika Anda menderita diare, kunyah beberapa iris lengkuas segar sebagai pengobatan alternatif. Lengkuas mengandung banyak senyawa penting yang dibutuhkan oleh manusia seperti zat besi, sodium, vitamin A dan C, flavonoid dan fitonutrien.

Kunyit

Kunyit merupakan salah satu obat herbal yang kaya khasiat, baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Selain itu, kunyit juga digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit.
Kunyit mengandung zat sebagai anti radang, antiseptik dan pencegah kanker. Sebagai zat antiradang, antiseptik dan pencegah kanker. Sebagai zat anti radang, kunyit berkhasiat untuk mengobati gatal-gatal pada kulit, kista bahkan kanker rahim.


Serai

Manfaat 
  1. Pada sistem saraf
    Minyak esensial yang dibuat menggunakan serai dapat digunakan untuk memperkuat dan meningkatkan fungsi sistem saraf. Karenanya minyak serai yang dioleskan ke permukaan tubuh memberikan efek menghangatkan, melemaskan otot dan meredakan kejang.
  2. Menurunkan tekanan darah
    Serai efektif dalam ngurangi tekanan darah, merangsang sirkulasi darah dan menghilangkan masalah tekanan darah. Konsumsi segelas jus serai untuk menurunkan hipertensi.
  3. Kulit indah
    Serai merupakan pilar dalam industri kosmetik. Manfaatnya antara lain mengurangi jerawat dan berfungsi sebagai penyegar. Minyak serai juga bisa dibalurkan ke seluruh tubuh untuk memberi efek menghangatkan.
Salam

Daun yang multi guna, bisa kita pakai dan gunakan untuk pengobatan tradisional. Melalui daun salam yang kaya akan zat, kita bisa mengobati berbagai macam penyakit. Misalnya saja bisa digunakan sebagai obat diare, sebagai obat kencing manis, obat asam urat, bahkan bisa juga menurunkan kadar kolesterol yang ada dalam tubuh kita. 
Suji

Kandungan kimia dari daun suji di antaranya adalah adalah saponin dan flavonoid. Mengenai efek farmakologis dari daun yang memiliki rasa pahit, berbau harum, dan bersifat dingin. Mengenai manfaatnya sendiri, banyak penyakit dapat ditangani dengan pemberian daun ini. Penyakit–penyakit tersebut adalah disentri, beri–beri, kencing nanah, dan nyeri haid.
Pandan wangi

Daun pandan wangi adalah jenis tumbuhan monokotil dari famili Pandanaceae yang memiliki daun beraroma wangi yang khas. Pandan wangi berkhasiat untuk mengobati rambut rontok, menghilangkan ketombe, dan dipakai untuk menghitamkan rambut. Pandan wangi juga dapat digunakan untuk memperbaiki nafsu makan,serta mengurangi kegelisahan. Rematik dan pegal linu juga dapat dikurangi dengan pandan wangi.
Ketumbar

Sebagai pembunuh bakteri dan mencegah keracunan makanan. Ketumbar atau dalam kuliner barat disebut coriander ini ampuh untuk membunuh 12 strain bakteri. Cairan yang mengandung kurang dari 1,6 persen dari minyak ketumbar cukup efektif untuk membunuh sel bakteri termasuk salmonela, E.colil, serta bakteri yang kebal terhadap antiobiotik. Minyak ketumbar bisa dipakai sebagai alternatif alami untuk antibiotik konvensional. Di masa depan ketumbar dalam obat klinis dalam bentuk losion, obat kumur, bahkan pil yang mampu mengatasi bakteri yang sudah resisten pada antibiotic.

Mustar

Makanan yang mirip selai ini bukan sekadar penambah lezatnya kue.Sebuah studi ilmia yang dilaporkan di jurnal Endocrinologi menemukan bahwa mustard di duga kuat punya manfaat besar untuk menurunkan berat badan. Pasalnya, Mustad mengandung turmeric, sejenis rempah-rempah yang berkhasiat memperlambat pertumbuhan jaringan lemak tubuh.

Kemiri

Salah satu dari sekian banyak rempah yang berkhasiat yang dapat ditemukan diindonesia adalah kemiri atau Aleurites Mollucana, selain bisa menjadi bumbu masak kemiri yang termasuk dalam suku Euphorbiaceae dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti buang air besar berdarah dan diare.  

Lada

Hawa panas yang ditimbulkan tanaman dengan nama latin piper nigrum ini mampu membuat badan menjadi segar, oleh karena itulah banyak orang memanfaatkanya sebagai obat pendongkrak stamina pria ketika akan berhubungan suami istri. Lada atau merica juga banyak digunakan sebagai obat pengusir hawa dingin, biasanya dicampur pada kopi atau seduhan jahe. Minuman dengan campuran merica atau lada ini biasanya banyak digunakan didaerah yang berhawa dingin atau pegunungan. Sebagai obat asma, masuk angin dan diare cara meraciknya sangat sederhana. Cukup ambil satu sendok makan bubuk lada, kemudian seduh dengan dua gelas air panas. Aduk hingga rata dan biarkan sejenak sampai berubah menjadi hangat atau suam-suam kuku, minum obat ini dua kali sehari sampai penyakit asma, diare dan masuk angin mereda.

Lada hitam

Ternyata tak hanya bermanfaat sebagai bumbu masak, lada hitam  juga memiliki khasiat mengontrol lemak dalam darah. Piperin yang terkandung di dalamnya dapat memblokir pembentukan sel-sel lemak baru.



Pala

Buah Pala yang memiliki nama latin Myristica fragrans ini merupakan tumbuhan berupa pohon yang berasal dari kepulauan Banda, Maluku. Sejak masa Romawi dulu, buah dan biji pala menjadi komoditi perdagangan yang penting akibat nilainya yang tinggi sebagai rempah-rempah. Kandungan kimia terkandung dapat mengatasi sulit tidur( insomania), batuk berlendir, membantu pencernaan, menghilangkan kejang otot dll.


Selasih

Tanaman selasih merupakan tanaman dikotil yang tergolong tanaman yang melakukan fotosintesis (Siklus Calvin). Pada siang hari dengan mengubah RUBP dan CO2 dengan bantuan enzim menjadi amilum yang akhirnya di salurkan ke seluruh tubuh tumbuhan melalui jaringan floem. Untuk pemenuhan nutrisi kelebihannya disimpan oleh tanaman sebagai pati yang juga digunakan kembali untuk proses respirasi tumbuhan. Selasih bersifat mendinginkan dan berbau harum yang berfungsi merawat demam, meredakan muntah – muntah, mengobati cacingan, mengirangi ketegangan (stres), sebagai obat batuk, pencuci darah, sebagai obat luka. Saponin yang ada menghambat produksi jaringan bekas luka yang berlebihan (menghambat terjadinya keloid). Manfaat selasih yang lain adalah meningkatkan pengeluarana bendalir badan melalui air kencin karena bersifat diuretik; sifat analgesik yang membantu menahan atau meredakan sakit kepala, sakit gigi, sakit perut demam; sifat diaforetik yang membantu pengeluaran keringat. Biji selasih bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, membantu pencernaan, mengobati kram usus dan melancarkan buang air besar.

Wijen

Wijen juga memiliki kandungan vitamin B1 dan serat yang bernutrisi bagi tubuh. Yang paling istimewa adalah kandungan antioksidan yang disebut lignin sebagai zat antikanker dan fitosterol yang ampuh untuk menurunkan kolesterol tinggi.

Vanili

Kandungan vanili tetap memberikan keuntungan bagi kesehatan. Selain dikenal karena sifat-sifatnya sebagai penyedap, vanili banyak digunakan dalam pembuatan roti, parfum, dan pijat aroma terapi. Vanili tidak hanya menambah rasa ke resep favorit anda, tetapi juga hadir dengan kebaikan. Vanili dikenal sebagai antioksidan yang membantu mencegah komplikasi kesehatan. Oksidator atau radikal bebas membakar sel-sel hidup yang melemahkan sistem kekebalan sehingga tubuh rentan terhadap berbagai penyakit. Sifat antioksidan vanili bertentangan dengan radikal bebas dan melindungi tubuh dari infeksi.

Kayu manis

Kayu Manis, yang memiliki nama ilmiah Cinnamomum zeylanicum, yang berasal dari tropis Asia, terutama Sri Lanka dan India. Kayu manis hampir tumbuh disetiap daerah tropis di dunia.  Kayu manis sudah mendapat posisi terbaik dan unggul menjadi bahan pengobatan secara luas yakni obat-obatan tradisional, terutama Ayurveda (sistem obat tradisional India). Karena sifat obat, telah digunakan dalam banyak kebudayaan untuk mengobati berbagai gangguan kesehatan termasuk diare, radang sendi , kram menstruasi, menstruasi yang berat, infeksi ragi, pilek, flu, dan masalah pencernaan.
Temu lawak

Temulawak berkhasiat untuk mencegah dan mengatasi beraneka macam penyakit. Berbagai khasiat dari temulawak, antara lain, gangguan lever, mencegah hepatitis, meningkatkan produksi cairan empedu, membantu pencernaan, mengatasi radang kandung empedu, radang lambung dan gangguan ginjal. Selain itu, temulawak juga bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi, anemia/kurang darah, melancarkan peredaran darah, gumpalan darah, malaria, demam, campak, pegal linu, rematik, sakit pinggang, peluruh haid, keputihan, sembelit, ambeien, menambah nafsu makan, batuk, asma, radang tenggorokan, radang saluran nafas, radang kulit, eksim, jerawat, meningkatkan stamina, radang kandung empedu dan batu empedu.

Temu hitam

Tanaman herbal temu hitam merupakan tumbuhan yang dapat hidup secara liar di hutan-hutan jati, terutama di Pulau Jawa dari ketinggian 400-1.750 meter di atas permukaan laut dan tumbuhan ini menyukai tanah subur. Daunnya berbentuk lanset lebar dengan helaian daun yang tipis, warna daun hijau sampai coklat keunguan agak gelap. Bunga keluar dari ketiak daun atau samping batang. Bunga tertutup oleh 2-3 pelepah, panjang batang bunga 20-50 cm dan mahkota bunga berwarna krem sampai merah jambu. Manfaat tamanan herbal temu hitam antara lain: menyuburkan kandungan,  menghilangkan penyakit cacingan, mengurangi ambeien, mengurangi nyeri haid, menyembuhkan peranakan turun, membersihkan darah setelah melahirkan, mengurangi batuk, meningkatkan stamina, menambah nafsu makan, mengurangi air kemih yang mengandung darah, menetralkan racun dalam tubuh, menghilangkan penyakit kulit misalnya koreng/kudis/borok, mengurangi asma, menghilangkan sariawan.

Lempuyang

  1. Lempuyang Emprit (Zingiber Amaricans) Lempuyang jenis ini memiliki manfaat sebagai obat untuk menurunkan suhu ketika menderita demam. Karena lempuyang jenis ini memiliki kandungan senyawa sekulterpenketun atau minyak atsiri yang dapat menurunkan suhu badan. Selain itu, lempuyang ini juga dapat digunakan untuk menambah nafsu makan. Pada umumnya bagian yang digunakan adalah rimpangnya yang berwarna putih kekuning-kuningan dan mempunyai rasa pahit.
  2. Lempuyang Gajah (Zingiber Zerumbet) Lempuyang jenis ini memiliki manfaat sebagai obat batu ginjal, menetralkan dan membersihkan darah, menghambat gerakan peristaltik usus halus pada kelinci, disentri, kejang pada anak, diare, menambah nafsu makan, sakit kuning serta sakit kulit (sebagai obat luar).
  3. Lempuyang Wangi (Zingiber Aromaticum Val) Lempuyang jenis ini mempunyai daya anti-bakteri terhadap Staphylococcus aureus dan Escherichia coli. Ekstrak rimpangnya mampu membunuh cacing tambang pada anjing. Selain itu, lempuyang ini dapat dijadikan sebagai obat asma, merangsang nafsu makan, mengurangi rasa nyeri pada lambung, pembersih darah, pereda kejang, penyakit kuning, radang sendi, kolera, anemia, malaria, penyakit syaraf, nyeri perut, cacingan serta masuk angin.
Akar wangi

Tanaman akar wangi dikenal sebagai pendingin, merangsang untuk mengeluarkan keringat, diuretik emmenagogue, tonik refrigeran, dan stomachic. Minyak akar wangi juga digunakan untuk penyedap rasa, untuk mandi tonik, nyeri otot dan mengobati kutu. Akar wangi memiliki bau yang harum yang menyenangkan, mirip dengan bau dari kayu cendana, sering digunakan sebagai parfum pakaian parfum, mengandung Vetiver yang merupakan konstituen dari parfum kelas tinggi. Dalam pengobatan herbal akar wangi berguna sebagai lithotripic untuk melarutkan atau menghancurkan batu ginjal, menghilangkan rasa haus, pengobatan peradangan, iritasi jerawat dan perut, serta pengobatan demam. Rebusan akar wangi untuk pengobatan saraf dan melancarkan peredaran darah.

Cendana
Damar
Gaharu
Kayu putih
Kemenyan
kenanga
Mawar

Mawar yang kaya vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan kolagen. Kandungan polifenolnya juga berkhasiat sebagai bahan produk kosmetika, seperti pencegah kerut, pelembab kulit, serum, dan minyak tubuh. Cocok untuk semua jenis kulit dan dapat mengobati berbagai masalah kulit. Minyak mawar meningkatkan elastisitas, ideal untuk menangkis keriput, kata pakar tanaman herbal Jessica Houdret. "Mereka yang berkulit sensitif atau rawan jerawat bisa mendapatkan keuntungan dari sifat antiseptik dan antiinflamasi, baik untuk kulit kering”.

Melati

Tumbuhan dengan nama latin Jasminum officinale ini kaya akan komponen alam seperti minyak eteris yang merupakan zat berbau yang biasa terdapat dalam tanaman. Melati juga memiliki senyawa kimia penting, seperti indole, linalcohol, asetat benzilic, alkohol benzilic, dan jasmon. melati memiliki manfaat yang beragam, berikut di antaranya:
  1. Dalam melati terdapat minyak yang dikenal sebagai afrosiadik alami yang sering direkomendasikan untuk meningkatkan libido, dan juga merangsang dorongan seksual.
  2. Teh dan ekstrak melati dapat membantu dalam menurunkan berat badan lebih efektif, merangsang semua fungsi sistem tubuh, mengatasi nyeri otot, sendi, dan sakit kepala.
  3. Jika minyak melati dicampurkan ke dalam minyak esensial, dipercaya dapat mengobati gejala yang paling umum dari infeksi pernapasan.
  4. Sebagai alat detoksifikasi aman yang dapat digunakan oleh hampir semua orang untuk menghilangkan racun dan membersihkan tubuh.
  5. Merupakan obat alami yang dapat digunakan untuk merangsang dan meningkatkan fungsi dari sistem pencernaan.
  6. Dapat direkomendasikan untuk mengobati segala macam infeksi kulit karena sifat antiseptik yang dimilikinya.
  7. Dalam aromaterapi, minyak bunga melati sangat efektif untuk mengobati ketegangan saraf, apatis, kecemasan, depresi dan gangguan saraf yang lebih serius.

Secang

Untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti: diare, disentri, batuk darah (TBC), darah kotor, muntah darah, berak darah, luka berdarah, memar berdarah, luka dalam, sifilis, malaria, tetanus, tumor dan radang selaput lendir mata. Tumbuhan berbentuk pohon yang termasuk dalam anggota suku polong-polongan (Fabaceae) ini, asalnya dari Asia Tenggara maritim dan banyak ditemukan di Indonesia. Warna merah muda akan muncul saat kayu secang direbus. Biasanya warna yang dihasilkan oleh kayu secang ini dimanfaatkan mayarakat untuk mewarnai kue dan minuman. Di daerah tertentu, warna yang dihasilkan kayu secang ini juga dimanfaatkan untuk mewarnai bahan anyaman atau digunakan untuk pengecatan. Bahkan ada yaang memanfaatkannya sebagai tinta.

Gambir

Kandungan yang utama dan juga dikandung oleh banyak anggota Uncaria lainnya adalah flavonoid (terutama gambiriin), katekin (sampai 51%), zat penyamak (22-50%), serta sejumlah alkaloid (seperti gambirtannin dan turunan dihidro- dan okso-nya. Selain itu gambir dijadikan obat-obatan modern dan juga sebagai pewarna cat, pakaian. Kegunaan utama adalah sebagai komponen menyirih, yang sudah dikenal masyarakat kepulauan Nusantara, dari Sumatra hingga Papua. Diketahui, gambir merangsang keluarnya getah empedu sehingga membantu kelancaran proses di perut dan usus. Fungsi lain adalah sebagai campuran obat, seperti sebagai luka bakar, obat sakit kepala, obat diare, obat disentri, obat kumur-kumur, obat sariawan, serta obat sakit kulit (dibalurkan); penyamak kulit; dan bahan pewarna tekstil.


 
dari berbagai sumber

Comments

Popular Posts